UMM

Universitas Muhammadiyah Malang atau disebut juga kampus putih merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terkemuka di Indonesia. Pada tahun 2013, Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM  mendapatkan akreditasi A dari ban-PT dengan nomor SK: 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013. Perkembangan UMM begitu pesat sehingga menjadikan UMM sebagai ‘kepala’ bagi seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

UMM berdiri pada tahun 1964 ini memiliki 3 kampus di tempat berbeda. Kampus pertama yang diperuntukkan untuk program pascasarjana bertempat di Jl. Bandung 1 dimana merupakan arah kembali menuju pusat Malang jika berangkat dari stasiun Malang Kota Baru. Lalu untuk kampus 2 yang diperuntukkan untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan, bertempat di Jl. Bendungan Sutami 188A yang mana tidak jauh dari Malang Town Square. Dan yang terakhir, untuk kampus 3 yang diperuntukkan untuk semua fakultas selain yang telah disebutkan dan program pascasarjana, dan juga merupakan kampus pusat dari UMM, bertempat di Jl. Raya Tlogomas 246. Selain letaknya yang mudah dicari karena berada pada jalur menuju kota wisata Batu, kampus 3 ini sangat mudah ditemukan karena memiliki bangunan putih yang begitu megah dan terbentang cukup luas.

Pada awal mula berdirinya, UMM masih berada di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan 3 fakultas yaitu fakultas ekonomi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, dan fakultas hukum. Lalu pada tanggal 1 Juli 1968 UMM resmi berdiri sendiri sebagai suatu universitas terlapas dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

UMM terus mengembangkan diri sehingga bermunculanlah fakultas-fakultas baru. Fakultas pertama yang bertambah adalah fakultas kesejahteraan sosial yang akan tetapi tetap di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan jurusan pendidikan agama mengajukan munculnya fakultas agama yang diberi nama fakultas tarbiyah dengan tetap berada di bawah naungan Universitas Muahmmadiyah Jakarta. Beberapa tahun setelahnya, fakultas tarbiyah UMM memiliki akreditasi yang sama dengan IAIN (1970) dan fakultas kesejahteraan sosial berganti nama menjadi fakultas ilmu sosial dan terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (1975).

Diikuti setelahnya, muncul fakultas teknik (1977), fakultas pertanian (1980) yang disusul oleh fakultas peternakan. Pada akhir abad ke-19, UMM menambah beberapa jurusan baru dan meningkatkan jurusan-jurusan yang telah ada, serta membuka program pasca sarjana program studi magister manajemen dan magister sosiologi pedesaan. Sehingga pada akhir abad ke-19 UMM memiliki 9 fakultas dan 25 jurusan untuk S1, 2 jurusan untuk S2, dan satu akademi D3-keperawatan.

Seiring dengan perkembangan zaman, UMM membuka fakultas-fakultas yang lain seperti fakultas psikologi, fakultas kedokteran, fakultas ilmu kesehatan.

Jika dibuat persentase, 70% dari totol jurusan atau program studi yang ada di UMM telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Pada program D3, UMM memiliki akreditasi B untuk masing-masing prodi keperawatan dan teknik elektro serta akreditasi A untuk prodi keuangan dan perbankan.

Untuk program sarjana atau S1, beberapa prodi mendapatkan akreditasi A, B, dan ada yang masih berada pada akreditasi C, serta masih ada juga yang masih dalam proses akreditasi.

Pada program S1, perincian akreditas adalah sebegai berikut. Pada FAI, prodi pendidikan agam Islam dan ahwal al-Syakhshiyah mendapatkan akreditasi A. Prodi ekonomi syariah masih menyandang akreditasi C. Sedangkan untuk pendidikan bahasa Arab masih dalam proses akreditasi. Pada FISIP, kelima prodi telah mendapatkan akreditasi A (lihat: www.fisip.umm.ac.id) . pada FEB, akreditasi B disandang oleh prodi manajemen dan ekonomi pembangunan, sedangkan untuk prodi akuntansi telah memdapatkan akreditasi A. Pada FKIP, dari total 6 prodi yang ada (lihat: www.fkip.umm.ac.id) , 5 diantaranya menyandang akreditasi B dan prodi pendidikan biologi telah mendapatkan akreditasi A. Pada FT, semua prodi yang tersedia sejauh ini masih menyandang akreditasi B (lihat: www.ft.umm.ac.id) . pada FPP, 4 prodi diantaranya telah menyandang akreditasi A dan 2 yang lain masih bertahan di akreditasi B. Pada fakultas psikologi, fakultas hukum, dan fakultas kedokteran yang masing-masing hanya memilikisatu prodi, telah menyandang akreditasi A dan akreditasi B untuk fakultas kedokteran. Sedangkan pada FIKES, prodi ilmu keperawatan dan fisioterapi masih mendapat akreditasi C dan akreditasi B untuk farmasi.

Pada program S2, yang terdiri dari 9 program magister, 4 program magister telah mendapatkan akreditasi A, 4 program magister akreditasi B, dan satu program magister akreditasi C.

Pada program S3 yang terdiri dari 3 program doktoral, 2 program diantaranya masih mendapatkan akreditasi C dan satu yang lain masih dalam proses akreditasi.

UMM juga memiliki program bagi yang inign menempuh pendidikan profesi. Pendidikan profesi yan terdapat di UMM ini terdiri dari 7 pendidikan yaitu dokter, perawat (profesi ners), farmasi, akuntansi/profesi akuntan, pendidikan advokat, fisioterapis, dan psikolog.

UMM yang memiliki tujuan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menyediakan beberapa fasilitas teknologi yang berpera banyak dalam proses belajar baik secara langsung maupun tidak. Beberapa diantara fasilitas tersebut adalah adanya hotspot yang memudahkan mahasiswa untuk mengakses informasi, adanya perpustakaan online, dan yang lebih penting adalah adanya situs yang memberikan informasi tentang pendidikan luar negeri yang mana UMM telah bekerja sama dengan beberapa instansi baik instansi pemerintah maupun instansi lain yang ada di luar negeri. Bagian ini disebut dengan IRO atau International Relations Office denganbeberapa pembagian daerah (divisi) yaitu divisi timur tengah, divisi Australia-New Zealand, divisi Amerika-Eropa, dan divisi Publikasi Internasional. Beberapa instansi atau lembaga internasional yang berada di bawah naungan IRO adalah AMCOR, ACICIS, KNB Scholarship, dan BIPA. Fasilitas lain terkait teknologi adalah pembagian hasil semester atau nilai secara online dan penyerahan KRS yang bisa juga dilakukan secara online.

 

No Responses to “UMM”

  1. where can i find a free credit score

    Seguro argentina ) Video
    QUALIA SEGUROS ARGENTINA Seguro argentina Seguro argentina ACCEDE A TODA LA INFORMACION DE NUESTROS DE NUESTROS La Entidad Aseguradora dispone de un Servicio de Atencion al Asegurado que atendera en el horario de 9 a 18 horas, las consultas y reclamos que presenten los tomadores de seguros, asegurado, beneficiario y/o derechohabiente, hospitales publicos, centros de salud publica y/o terceros damnificados (en los casos expresamente establecidos por la presente Resolucion), y los tramitara en un plazo maximo de DIEZ (10) dias habiles desde su presentacion. Vencido el mismo debera expedirse sobre la aceptacion o rechzo del reclamo. Dicho Servicio esta integrado …
    The post Seguro argentina ) Video appeared first on Property.

    Uk Business

Leave a Reply